Minggu, 17 Mei 2009

SUATU CONTOH IMPLEMENTASI PORTOFOLIO SEBAGAI ASSESMENT AUTENTIK PADA MATAKULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Oleh
Sundari

Abdu Mas’ud

Jurusan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Khairun Ternate

ABSTRAK

Kata kunci: portofolio, asesmen autentik

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan memerlukan prosedur penilaian dan evaluasi yang disebut asesmen yang dapat melibatkan peserta didik (mahasiswa) dalam tugas-tugas autentik yang bermanfaat, penting dan bermakna. Asesmen yang dimaksud adalah asesmen autentik.

Portofolio merupakan salah satu bentuk alat ases dan terbukti autentik. Portofolio merupakan serangkaian kumpulan bukti hasil kinerja mahasiswa yang dikumpulkan untuk tujuan tertentu. Penulis telah mengimplementasikan portofolio sebagai asesmen autentik pada perkuliahan Evaluasi pembelajaran Biologi. Ada tiga hal yang diperoleh dari implementasi portofolio sebagai asesmen autentik yaitu: 1) implementasi Portofolio sebagai asesmen autentik memberikan pemahaman mahasiswa tentang penilaian autentik dan portofolio; 2) mahasiswa memberikan respon positif terhadap implementasi Portofolio sebagai asesmen autentik; 3) Selama pelaksanaan implementasi portofolio sebagai asesmen autentik terdapat kendala memerlukan perencanaan yang matang dan waktu yang lama dalam proses pembelajarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar