Minggu, 31 Mei 2009

STUDI POLA PENYEBARAN JENIS NGENGAT (ORDO LEPIDOPTERA) PADA DAERAH PESISIR PANTAI DAN DAERAH PEGUNUNGAN DI DESA SIKO KECAMATAN KAYOA KAB. HALSEL

Oleh
Abdu Mas’ud


Program Sudi Pendidikan Biologi FKIP UNKHAIR Ternate


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penyebaran jenis Ngengat dan perbandingan antara jenis Ngengat di pesisir pantai dan di pegunungan Desa Siko Kecamatan Kayoa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode explanatory research. Penelitian ini dilaksanakan pada daerah pesisir pantai dan daerah pegunungan di desa Siko Kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan yang dilakukan selama dua minggu pada bulan oktober 2001.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis Ngengat yang ditemukan pada kedua lokasi yaitu Spilosoma lubricipeda, Tincola bissellicila, Chilo superessalis, Agrotis ipsilon, dan Agrius convovuli. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa: (1) Pada stassion I didapatkan pola penyebaran pada jenis Ngengat yaitu : Spilosom lubricipe dengan nilai ID = 1,64, Tineola bisslelliella dengan nilai ID = 1,11, Chilo supressalis dengan nilai ID = 1,80, Agotis ipsilon dengan nilai ID = 1,33, dan Agrius convolvuli dengan nilai ID = 0.,87 berpola penyebaran yang scragam yaitu berpola mengelompok. (2) Pada stasion II didapatkan bahwa jenis Ngengat yaitu ; Spilos lubricipeda dengan nilai ID = 5,33, Tineola bisselliella dengan nilai ID = 1,42, Chilo supressalis dengan nilai ID = 1,71., Agotis ipsilon dengan nilai ID = 1,33, Agrius convolvuli dengan nilai ID = 1,71 juga berpola penyebaran yang seragam yaitu berpola mengelompok.

Kata kunci: pola penyebaran, jenis ngengat ordo Lepidoptera, daerah pesisir pantai dan Pegunungan di desa Siko.


ABSTRAK

This research is done to know species distribution for Ngengat and study comparatif of type species Ngengat on coastal seaboard and at montain of countryside of Siko district of kayoa. This research is by using method explanatory research. It’s done during two week in Oktober 2001.

This research result showthat moth species Ngengat, it’s found at two location are Spilosoma lubricipeda, Tincola bissellicila, Chilo superessalis, Agrotis ipsilon, dan Agrius convovuli. The result of data are: (1) At the stassion I found species: Spilosom lubricipe with value ID = 1,64, Tineola bisslelliella with value ID = 1,11, Chilo supressalis with value ID = 1,80, Agotis ipsilon with value ID = 1,33, and Agrius convolvuli with value ID = 0.,87, there are dirtibution Clusster method; (2) At the stasion II found species: Spilos lubricipeda with value ID = 5,33, Tineola bisselliella with value ID = 1,42, Chilo supressalis with valeue ID = 1,71, Agotis ipsilon with value ID = 1,33, Agrius convolvuli with value ID = 1,71 thats also have uniform distribition Clusster method.

Keyword: distribution cluster method, moth type of ordo Lepidoptera, coastal seaboard and Mountain countryside of Siko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar